Kamis, 03 Mei 2012

10 Cara Belajar Efektif dan Efisien

Sebentar lagi akan dimulai awal tahun ajaran baru. Akhirnya selama tiga minggu menghabiskan waktu bersama keluarga, tiba saatnya juga kembali merasakan aroma sekolah yang sangat aku rindukan. Sudah saatnya aku bangun pagi-pagi dan berangkat pagi-pagi juga ke sekolah dengan menenteng tas yang dipenuhi dengan buku-buku yang super berat.

 Untuk menyambut suka cita awal tahun pelajaran 2011-2012, berikut ini aku akan memberikan tips belajar yang efektif dan efisien. Yah, semoga saja ini berguna untuk para pelajar diluar sana yang kebingungan mencari solusi belajar. Dan semoga bermanfaat untuk diriku sendiri dan teman-teman sekolah yang sudah menjadi siswa kelas 12 yang harus siap menghadapi serentetan ujian yang melelahkan.

 Check it out!!

1.       NIAT
Mengucapkan niat untuk belajar sungguh-sungguh dan berdoa supaya diberikan kemudahan dalam belajar dan ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Insya Allah jika sudah berniat, maka segala sesuatunya akan dimudahkan oleh-Nya.

2.       FRESH
Tidak dalam keadaan kelelahan, sakit, maupun banyak pikiran. Jika sedang sakit ataupun kelelahan, istirahat sejenak. Karena meskipun dipaksakan, hasilnya juga tidak akan maksimal. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Jika suka musik, nyalakan musik (tapi jangan dalam volume keras). Atau yang suka nyemil, sediakan cemilan di atas meja belajar. Jangan sampai kekenyangan ya? Karena efeknya mengantuk.

3.       MOOD
Ciptakan suasana hati yang bagus karena secara otomatis akan menambah semangat dalam belajar. Jangan dalam keadaan bad mood untuk memaksakan belajar, karena yang ada tambah marah-marah nggak jelas. Tenangkan pikiran, pejamkan mata, jika suasana hati menjadi lebih baik, lanjutkan belajar.

4.       PEMAHAMAN
Garislah bagian-bagian yang penting yang ada di dalam buku pelajaran. Catat apa yang tidak dimengerti dan tanyakan kepada guru bidang studi besok ketika berada di sekolah. Fokuslah pada bacaan yang telah dianggap penting (yang telah diberi garis dengan pensil maupun stabile)

5.       ULANG
Setelah membacanya sampai habis, ulangi dari awal dan lakukan secara berulang-ulang. Hal ini membuat otak lebih mudah mengingatnya. Ingat harus tetap berkonsentrasi.

6.       KEMBANGKAN
Setelah memahami bacaan tersebut, kembangkan kalimat-kalimat tadi dengan bahasa yang mudah dipahami (bahasa kalian sendiri).

7.       CATATAN
Ada baiknya untuk membuat sebuah catatan intisari kecil. Jika membawa buku pelajaran kan sedikit repot, nah buku ini lebih simple dan praktis untuk dibawa kemana-mana. Jadi kita bisa membacanya dimana saja. catatan ini berisi kalimat-kalimat yang telah ditulis ulang dengan bahasa sendiri yang mudah dipahami.

8.       DISIPLIN
Disiplin dalam belajar dan disiplin waktu juga harus diterapkan jika menginginkan belajar yang efisien. Karena kunci keberhasilan pada dasarnya karena sifat disiplin kita dalam belajar. Jika sudah tiba waktu belajar, maka bergegaslah belajar jangan malah keasyikan nonton tv.

9.       HINDARI SKS
Hindari hal yang satu ini, system kebut semalam. Karena system ini membuat otak kita bekerja lebih keras dan memori yang dapat disimpan hanya untuk sementara. Hindari juga belajar secara berlebihan karena segala sesuatunya yang berlebihan tidaklah baik. Sebaiknya malam sebelum ujian kita gunakan untuk istirahat dan menambah stamina untuk ujian besok, bukannya malah serius belajar mati-matian.

10.   JUJUR
Jujur dalam mengerjakan soal-soal ujian. Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian, karena dengan mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya.

http://ryarasvenska.blogspot.com/2011/07/10-cara-belajar-efektif-dan-efisien.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Blogger templates